Minggu, 07 September 2008

Tips Karier - Yang Pertama

Siapa sih yang gak pengen sukses dalam karirnya? Tentu kita semua ingin suskes.
Dan mungkin banyak yang ingin mencapai karir setinggi mungkin dan kalau bisa dalam waktu sesingkat-singkatnya :)

Berikut ini adalah tips-tips kerja berdasarkan pengalaman saya baik sebagai bawahan, maupun atasan, yang mudah2an berguna, secara khusus buat teman-teman yang baru mulai berkarir.

Well, sudah pasti tulisan saya ini bukanlah mantra buat kenaikan pangkat yang express, namun apabila kita mencobanya, mudah2an kita bisa makin enjoy dalam penitian karir kita.

Tips Pertama: Penuhilah Role & Responsibility-mu dengan baik

Step awal untuk sukses berkarir adalah dengan memenuhi tugas & tanggung jawab yang perusahan berikan dengan baik. Ibaratnya dalam transaksi jual beli, berikanlah kepada perusahaan jasa kita sesuai dengan apa yang disepakati sebelumnya (bisa dalam bentuk kontrak atau penanda tanganan offer letter).

Tentu saja, kalau kita di posisi pembeli, kita tidak akan puas apabila barang/jasa yang kita beli tidaklah sesuai dengan kualifikasi yang dijanjikan oleh penjualnya. Apalagi dengan embel-embel: “barang yang dibeli tidak dapat dikembalikan”

Oleh karenanya, adalah penting untuk memberikan kepada perusahaan apa yang sesuai dengan Role & Responsibility kita yang telah disepakati sebelumnya. Berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memudahkan kita mendeliver role & responsibility dengan baik:

· Milikilah pemahaman yang sama mengenai Role & Responsibility-mu.
Tidak sedikit perusahaan yang tidak memiliki rincian role & responsibility (atau job description) untuk setiap posisi yang ada, bahkan perusahaan yang besar sekalipun.
Kalau belum punya, mintalah kepada atasanmu atau manager HRD mu Role & Responsibility untuk posisi kamu.

Pastikanlah kita mengerti apa tugas, tanggung jawab dan kewenangan kita sesuai dengan apa yang perusahaan/atasan kehendaki. Pemahaman yang sama akan mempermudah kita untuk melaksanakan tugas, dan membantu perusahaan untuk menilai pekerjaan kita dengan objektif.

· Samakan persepsi untuk setiap tugas yang diberikan
Pastikan kamu mengerti hal-hal berikut, sebelum kamu mengerjakan tugas yang diberikan kepadamu

o What is expected from you?

o What resources do you need to deliver it?

o Whom you should collaborate with to deliver it?

o When you need to deliver it?

o How the boss wants you to deliver it?

As for the boss, sebetulnya dia harus menolong kamu mengerti:
Why do you have to do the work
J

· Ketahuilah prosedur-prosedur yang ada di perusahaanmu, dan ikutilah.
Prosedur yang saya maksud bukan hanya prosedur ketika kita melaksanakan kerja, misalnya prosedur teknikal, maupun administratif dalam melaksanakan sebuah tugas tertentu, melainkan juga prosedur-prosedur mengenai ke-personalia-an, seperti urusan cuti, ijin, kedisiplinan kerja dll.
Jangan sampai, hasil kerja yang bagus menjadi “tercoreng” gara-gara urusan sering ijin, datang telat, dll.

· Ketahuilah apa yang penting buat boss-mu.
Pengertian mengenai apa yang penting buat perusahanmu & boss-mu, akan membantumu untuk mengatur prioritas kerja. Pahamilah “style” kerja boss-mu dan cobalah untuk menyelaraskan style kerjamu.

· Dan yang terakhir…. Kerjakanlah tugasmu dengan “excellent” dan penuh tanggung jawab
Salah satu yang membedakan orang biasa dengan orang yang luar biasa adalah dari caranya dia memenuhi tugas & tanggung jawabnya dengan excellent. Berikanlah hasil yang terbaik yang kamu bisa berikan dalam setiap tugas yang dipercayakan. Jangan pernah punya sikap: “yang penting asal selesai”. Lakukanlah tugasmu sebaik mungkin.

Hal ini mencakup bagaimana kita terbuka untuk masukan-masukan yang atasan kita, rekan-rekan sekerja kita berikan supaya hasil kerja kita excellent.

Janganlah sungkan untuk bertanya kepada rekan sekerjamu, atasanmu apabila ada hal-hal yang terkait dengan role & responsibility mu (seperti diatas) yang belum kamu ketahui.

Sebagai penutup tips pertama ini, ada nasihat yang mengatakan “Kerja itu ibadah”. Nasihat lain mengajarkan “Kerjakanlah segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia”.
Saya yakin kalau kita mengikuti nasihat itu, maka kita pun bisa bekerja dengan maksimal dan penuh sukacita. Selamat mencoba. Cheers.

2 komentar:

ext103 mengatakan...

Here's another tips bro :
- Always give nothing but the best to the company
- Never turn down a challenge, once you finish that challenge you are one step ahead from what you are before

kiki4hire mengatakan...

Tips karir:
Setelah mencoba, bisa juga cari mentor untuk karir...

Good luck with your career.

kiki4hire- Your personal consultant on web